Harga Nokia 3 Android, Spesifikasi Snapdragon 425

Advertisement

Harga Nokia 3 – Android menjadi sistem operasi terpopuler saat ini. Mungkin inilah penyesalan Nokia kenapa tak sedari dulu memakai sistem operasi milik Google tersebut. Sebelumnya Nokia percaya diri mengusung sistem operasi Windows, hingga akhirnya divisi smartphone milik Nokia dibeli Microsoft. Setelah masa kontrak berakhir dan diambil alih oleh HMD Global, akhirnya Nokia kembali bangkit dan menjadikan OS Android sebagai dapur pacu produknya.

Sebenarnya Nokia pernah memakai OS Android untuk produknya, yaitu Nokia X Series. Sayangnya produk ini gagal dipasaran, karena user interfacenya tergolong jelek dan terkesan mirip dengan Windows Phone. Rupanya hal ini menjadi pembelajaran, dan akhirnya mereka merilis Nokia 6 dengan sistem operasi Android murni layaknya smarthone buatan Samsung, Xiaomi, ataupun vendor besar lainnya. Tak hanya Nokia 6, mereka juga mempersiapkan smartphone baru bernama Nokia 3 yang spesifikasi dan harganya bisa sobat simak dibawah ini.

Spesifikasi dan Harga Nokia 3 Android

Spesifikasi dan Harga Nokia 3 Android

Spesifikasi dan Harga Nokia 3 Android

1. Harga Nokia 3 Android Terbaru

Harga Nokia 3 Baru USD$150 (Rp. 2 Jutaan)
Harga Nokia 3 Bekas
Harga Terbaru : Daftar Harga HP Nokia Terbaru

Spesifikasi pas-pasan membuat harga Nokia 3 dibanderol lebih murah dibandingkan Nokia 5 ataupun Nokia 6. Walaupun begitu, harga Nokia 3 tetap lebih mahal dibandingkan smartphone sekelasnya yang sama-sama mengadopsi chipset Qualcomm Snapdragon 425, seperti Xiaomi Redmi 4A. Apabila Redmi 4A dipasarkan di Indonesia dengan harga 1.5 Juta Rupiah, maka smartphone ini akan dilepas kepasaran dengan harga USD$150 atau setara Rp. 2 Jutaan. Namun untuk membuktikan kebenaran harga Nokia 3 tersebut, kita hanya bisa menunggu sampai smartphone ini dirilis resmi pada ajang MWC 2017 mendatang.

Advertisement

2. Spesifikasi Nokia 3 Android

Tipe Layar
  • Tipe : IPS capacitive touchscreen, 16M colors
  • Ukuran : 5.2 Inches
  • Resolusi : 720 x 1280 pixels (~282 ppi pixel density)
Dapur Pacu
  • Internal :  16GB
  • Eksternal : microSD, up to 256 GB (uses SIM 2 slot)
  • Ram :  2 GB
  • OS : Android Marshmallow
  • Chipset : Qualcomm MSM8917 Snapdragon 425
  • Processor : Quad-core 1.4 GHz Cortex-A53
  • GPU : Adreno 308
Konektivitas
  • Sim Card : Dual SIM
  • Internet : HSPA, LTE
  • WLAN : Wi-Fi 802.11 a/b/g/n Wi-Fi Direct, hotspot
  • Bluetooth : v4.1
  • GPS : A-GPS, GLONASS, BDS
  • USB : MicroUSB 2.0
Kamera
  • Kamera Belakang : 13 Megapixel, Autofocus, LED flash
  • Video : 1080p@30fps
  • Kamera Depan :  5 Megapixel
Baterai
  • Kapasitas :-

3. Review Nokia 3 Android

Spesifikasi dan Harga Nokia 5 Android

Review Nokia 3 Android

Sama seperti Nokia 5, smartphone ini dikabarkan memiliki layar IPS yang dibentangkan seluas 5.2 inci. Layar tersebut memiliki resolusi HD 720 x 1280 pixels, sehingga kerapatan layarnya mencapai 282 pixel per inci. Alhasil layar Nokia 3 akan terlihat sangat tajam, dan mampu menampilkan berbagai macam konten dengan kualitas visual lebih realistis. Sayangnya belum ada informasi mengenai lapisan pelindung layar yang dipakainya, semoga saja telah dilindungi kaca Corning Gorilla Glass.

Spesifikasi Nokia 3 yang dikhususkan untuk segmen entry level membuatnya masih memakai chipset Qualcomm Snapdragon 425. Processornya belum Octa Core, melainkan processor berkecepatan Quad Core 1.4 Ghz Cortex-A53. Agar kinerjanya semakin mumpuni, maka Nokia membekalinya dengan GPU Adreno 308 dan Ram berkapasitas 2GB. Lalu ada pula memori internal berkapasitas 16GB yang dipersiapkan untuk menampung beragam file yang dimiliki penggunanya. Tak ketinggalan slot memori ekternal juga dimiliki Nokia 3.

Spesifikasinya tergolong pas-pasan, namun tak jadi masalah selama harga Nokia 3 dibanderol lebih murah dibandingkan Nokia 5 ataupun Nokia 6. Smartphone ini bisa menjadi alternatif bagi konsumen yang ingin bernostalgia memakai smartphone berkualitas buatan Nokia. Terlebih smartphone ini menjadi titik awal kebangkitan Nokia di ranah smartphone, sehingga terkesan lebih eksklusif dibandingkan smartphone vendor lainnya.

Advertisement

Kembali lagi ke soal spesifikasi, smartphone ini juga mengadopsi sistem operasi Android terbaru yang dipercantik dengan antarmuka buatan Nokia. User interfacenya terlihat simple dan mudah dioperasikan. Sayangnya smartphone ini belum mengadopsi OS Android Nougat, karena kabarnya masih memakai OS Android Marshmallow 6.0. Namun tak menutup kemungkinan Nokia akan langsung memberikan pembaharuan sistem dengan memakai OS Android terbaru, yaitu Android Nougat.

Belum diketahui kapasitas baterainya. Namun sobat jangan beraharap akan mendapatkan fitur Fast Charging, karena chipset yang dipakainya belum mendukung fitur pengisian baterai cepat tersebut. Selain itu, tersedia pula beragam fitur konektivitas, termasuk fitur Dual Sim. Hadirnya dua slot sim card akan mempermudah pengguna Nokia 3 dalam berkomunikasi, baik itu secara online ataupun offline. Terlebih smartphone ini mendukung teknologi 4G LTE, sehingga akses video call dan chating bisa berjalan lancar.

Sudah selayaknya smartphone ini dilengkapi teknologi 4G LTE. Pasalnya, smartphone ini harus bersaing melawan smartphone entry-level yang rata-rata dilengkapi teknologi 4G LTE. Selain itu, tersedia pula beragam fitur konektivitas pendukung, seperti Wi-Fi, Bluetooth, GPS, dan port USB. Jangan harap Nokia 3 memiliki port USB Type-C, karena harga Nokia 3 yang murah telah membatasi fitur yang dimiliki smartphone ini. Begitu pula dengan fitur NFC yang enggan hadir di dalam Nokia 3.

Baca Juga : Spesifikasi dan Harga Nokia 5 Android 

Selanjutnya untuk sektor fotografi, smartphone ini dibekali kamera utama beresolusi 13 Megapixel dengan fitur Autofocus serta LED Flash. Menariknya, kamera belakang Nokia 3 bisa digunakan merekam video beresolusi Full HD 1080p@30fps, sehingga semua momen bisa diabadikan sempurna. Tak ketinggalan kamera depan beresolusi 5 Megapixel siap mengabadikan momen dengan hasil selfie berkualitas tinggi. Nah itulah bocoran spesifikasi hardware ataupun software yang dimiliki Nokia 3. Bagaimana, apakah sobat berencana membelinya ketika smartphone ini dirilis di Indonesia ?

Advertisement
Advertisement