Harga Oppo A31 : Android Quad Core 64 Bit Murah Ram 1GB

Advertisement

Harga Oppo A31 – Bagi anda yang mencari smartphone murah dengan konektivitas 4G LTE, dan sudah membawa dapur pacu Quad Core 64 Bit, bisa menunggu kehadiran Oppo A31 di Indonesia. Smartphone ini menjadi penantang Lenovo A6000 dan Xiaomi Redmi 2, namun dengan harga sedikit lebih mahal karena didukung desain lebih baik dibandingkan kompetitornya tersebut. Apa yanga dapatkan pada ponsel ini, sudah pasti akan sebanding dengan uang yang anda kelurkan.

Desain menawan dan elegan, menjadi ciri khas smartphone buatan Oppo. Bahkan perusahaan asal Tiongkok tersebut, tak pernah membaut desain yang sama pada smartphone yang mereka rilis. Masih banyak kelebihan yang dimiliki smartphone ini, mulai dari segi hardware, desain, sampai sektor kamera yang dibawanya, dan untuk melihat lebih detail semua kelebihan tersebut, silahkan simak ulasan spesifikasi dan harga Oppo A31 yang dirangkum ulashape.com berikut ini.

Spesifikasi Dan Harga Oppo A31

Harga Oppo A31

Harga Oppo A31

1. Harga Oppo A31

Harga Oppo A31 Baru $160 (2 Jutaan)
Harga Oppo A31 Bekas
Harga Oppo A31  Terbaru Daftar Harga HP Oppo

Spesifikasi hardware yang dibawanya hampir mirip dengan Oppo Mirror 3 yang dirilis di Indonesia dengan harga 3 Jutaan. Namun harga Oppo A31 dibanderol lebih murah dengan banderol $160 atau sekitar 2 Juta Rupiah. Sayangnya smartphone ini baru dirilis untuk pasar China, dan belum ada kabar apakah nantinya juga dirils bagi fans Oppo di Indonesia. Selanjutnya mari kita lihat spesifikasi yang dibawanya, apakah memang terbukti berkualtias atau tidak

Advertisement

2. Spesifikasi Oppo A31

Kartu Sim Dual SIM (Nano-SIM/ Micro-SIM)
Dimensi Dan Berat 131.9 x 65.5 x 8 mm / 135 g
Tipe Layar IPS capacitive touchscreen, 16 Juta Warna
Ukuran Layar 4.5 inches, 480 x 854 pixels (~218 ppi pixel density)
Memory Internal 8 GB
Memory Ekseternal MicroSD Maksimum 128GB
Kapasitas Ram 1 GB
Sistem Operasi Android OS, v4.4 (KitKat)
Chipset Qualcomm MSM8916 Snapdragon 410
Processor Quad-core1.2 Cortex-A53
Pengolahan Grafis Adreno 306
Konektivitas HSPA 21.1/5.76 Mbps, Wi-Fi 802.11 b/g/n, hotspot, Bluetooth v4.0, A2DP, LE, MicroUSB 2.0
GPS A-GPS
Kamera Belakang 8 MP, 3264 x 2448 pixels, autofocus, LED flash, Geo-tagging, Video 1080p@30fps
Kamera Depan 5 MP
Kapasitas Baterai Li-Ion 2000 mAh

3. Review Oppo A31

Oppo A31

Oppo A31

Desain lebih elegan dan premium menjadi bekal A31 untuk bersaing melawan smartphone sekelasnya. Oppo memberikan lapisan kaca pada bagian depan dan belakang ponsel ini, sehingga terlihat lebih premium walaupun sebenarnya harga Oppo A31 dibanderol cukup murah. Bentuk bodynya juga lebih tipis, dengan ketebalan 8 mm, dan beratnya sekitar 135 gram, yang membuatnya lebih nyaman kita operasikan dengan satu tangan.

Ukuran layarnya juga tak terlalu besar yaitu 4.5 inch, namun resolusinya masih tergolong sangat rendah, dengan mengadopsi layar IPS 16 Juta Warna beresolusi 480 x 854 pixels. Alhasil kerapatan pixel-nya hanya -218 ppi, dan tergolong lebih rendah dibandingkan kompetitornya yang rata-rata menggunakan layar HD 720p. Kekurangan inilah yang bisa menjadi blunder Oppo, karena harga Oppo A31 dianggap terlalu mahal apabila belum menggunakan layar HD.

Kemudian untuk sektor dapur pacunya, sudah disediakan Chipset Qualcomm MSM8916 Snapdragon 410 yang mengusung processor generasi terbaru Quad Core 1.2 Ghz 64 Bit. Kinerja processor tersebut lumayan cepat dalam urusan mulitasking ataupun pengolahan grafis bermain game, karena sudah disokong Ram 1GB, dan GPU Adreno 306. Sementara untuk sistem operasinya masih menggunakan OS Android Kitkat, disaat vendor lain berlomba menghadirkan Android Lollipop pada smartphone terbarunya.

Advertisement

Pemilhan Android Kitkat pada Oppo A31 bukan tanpa sebab, karena Oppo sudah memberikan tampilan user interface oprekannya yaitu Color OS 2.0, sehingg tampilan antar mukanya akan terlihat berbeda, bahkan lebih baik dibandingkan Android Lollipop Stock Rom. Selain itu Oppo juga menambahkan banyak fitur pada Color OS, seperti fitur gesture, widget , dan opsi penggantian icon, dan lock screen agar penggunanya tak bosa menggunakan smartphone buatan Oppo.

Untuk sementara smartphone ini baru bisa digunakan di wilayah China, karena berjalan pada jaringan TD-SCDMA, dan belum mendukung jaringan 3G di Indonesia. Apabila Oppo berencana merilis produknya secara global, pasti akan merubah frekuensi jaringan Oppo A31 agar sesuai dengan negara yang mereka tuju. Padahal ponsel ini sudah didukung teknologi LTE Cat4 berkecepatan 150 mbps, dan membawa fitur Dual Sim. Sangat disayangkan apabila ponsel ini hanya beredar di China, dan tak menyambangi Indonesia.

Untuk konektivitas yang lain, juga cukup lengkap dengan adanya Wi-Fi 802.11 a/b/g/n befitur Wi-Fi hotspot, Wi-Fi Display, Bluetooth V4.0, dan MicroUSB. Kemudian untuk segi penyimpanan memory, sudah disediakan memory internal sebesar 8 GB, dan masih bisa kita tambahkan microSD mencapai 128 GB, apabila terasa tak cukup dalam menyimpan file-file besar yang kita miliki seperti Film, game, dan file-file penting lainnya.

Harga Oppo A31 yang dibanderol 2 Jutaan mengharuskan smartphone ini memiliki kamera sebaik Lenovo A6000 dan Xiaomi Redmi 2 yang notabennya dibanderol lebih murah. Oleh karena itu Oppo memberikan kamera utama 8 Megapixel seperti kedua rivalnya tersebut. Kamera ini juga dibekali Aperture F/2.2, Autofocus, berserta LED Flash, sehinga kameranya bisa kita andalkan saat berfoto selfie dan merekam video dalam bentuk video beresolusi Full HD 1080p.

Kemungkinan Oppo juga memberikan teknologi PureImage 2.0 seperti yang dimiliki Oppo Mirror 3, dan smartphone Oppo yang lain. Teknologi PureImage mampu menghasilkan foto beresolusi lebih besar, dengan menggabungkan beberapa jepretan foto terbaik menjadi satu foto, sehingga hasil jepretan kami semakin tajam, dan memiliki warna lebih nyata. Kemudian untuk kamera depa, sudah ada kamera 5 Megapixel untuk memuaskan hasrat befoto selfie pengguna smartphone Oppo.

Kamera depannya berhasil mengungguli pesainya, yang masih menggunakan kamera 2 Megapixel. Jadi wajar apabila harga Oppo A31 dibanderol lebih mahal dari Lenovo A6000 atau Xiaomi Redmi 2. Namun untuk baterainya jauh dari harapan, karena hanya dibekali baterai Li-Ion berukuran 2000 mah, dan hanya memiliki waktu bicara selama 7 jam (3G). Semoga saja Oppo membeli ponsel ini dengan teknologi Rapid Charger milik Oppo Mirror 3, sehingga bisa mengisi baterai 0% ke 100% dalam waktu 90 menit saja.

4. Kesimpulan

Oppo A31

Oppo A31

Kelebihan Oppo A31

Kekurangan Oppo A31

  • Harga Oppo A31 cukup murah hanya 2 Jutaan
  • Sudah menggunakan processor Quad Core 64 Bit + Ram 1GB
  • Desain tipis bertetebalan 8 mm, berserta berlapis kaca pada bagian depan dan belakangnya
  • Menggunakan rangka metal
  • Kamera depan 5 Megapixel
  • Dual Sim
  • Resolusi layar masih sanga rendah
  • Kapasitas baterai sangat kecil
  • Belum mendukung jaringa Indonesia
  • Masih menggunakan Android Kitkat, bukan Android Lollipop

Dengan desain elegan yang tipis, dan sudah mengadopsi rangka metal, tentu Oppo A31 cocok bagi anda yang ingin tampil fashionable tanpa perlu mengeluarkan banyak uang. Harga Oppo A31 yang dibanderol terjangkau, pasti menarik minat anda. Namun bukan tak mungkin nantinya ponsel ini akan dibanderol lebih mahal saat dirilis di Indonesia, karena didukung spesifikasi lumayan tinggi seperti yang dimiliki Oppo Mirror 3. Bagaimana tertarik menunggu kedatangan smartphone ini ?

Advertisement
Advertisement