Harga Sony Xperia X dan Ulasan Spesifikasi

Advertisement

Harga Sony Xperia X – Sony memboyong tiga smatphone canggih ke ajang MWC 2016, dan salah satu yang tercanggih adalah “SONY XPERIA X”. Smartphone ini menawarkan kencaggihan teknologi pada sektor kamera, dan didukung sistem keamanan berbasis pemindai sidik jari. Tak hanya itu saja, performa yang dibawa ponsel ini juga patut kita acungin jempol, karena didalamnya telah terpasang processor 64-Bit terbaru yang diproduksi oleh Qualcomm, serta didukung Ram berkapasitas besar dan sistem operasi Android terbaru.

Kemampuan ponsel ini memang sebanding dengan harganya yang mahal. Kabarnya harga Sony Xperia X akan melebihi 8 Juta Rupiah. Padahal ponsel ini belum dilengkapi sertifikat IP68 dan chipset Snapdragon 820 yang sebelumnya dimiliki Sony Xperia X Performance. Yah, spesifikasinya memang lebih rendah dibandingkan Xperia X Performance, akan tetapi Sony mengoptimalkan kemampuan ponsel ini dengan memberikan kamera beresolusi 23 Megapixel. Lalu bagaimana dengan kemampuan kamera depan yang dibawanya ?, mari kita lihat ulasan berikut ini.

Spesifikasi dan Harga Sony Xperia X

Spesifikasi dan Harga Sony Xperia X

Spesifikasi dan Harga Sony Xperia X

1. Harga Sony Xperia X

Harga Sony Xperia X Single
Harga Sony Xperia X Dual
Baca Juga :  Daftar Harga HP Sony Android

Harga Sony Xperia X akan bergantung jumlah slot sim card yang dibawanya. Dimana akan tersedia dalam versi single-sim dan dual-sim. Kemungkinan harga Sony Xperia X Dual akan dibanderol lebih mahal, dibandingkan versi single-sim. Namun sayangnya kami belum tahu berapa harga resmi kedua varian Xperia X tersebut. Semoga saja harganya tak semahal Sony Xperia Z5 Dual yang kini bisa kita beli dengan harga sekitar 8 Jutaan. Semoga saja harga Sony Xperia X di Indonesia nantinya bisa dibanderol terjangkau, sehingga kita bisa merasakan berbagai kecanggihan teknologi yang terpendam didalamnya.

Advertisement

2. Spesifikasi Sony Xperia X

Bodi
  • Dimensi : 143.6 x 66.8 x 7.9 mm
  • Berat : 153 g
  • Tipe Layar : IPS LCD capacitive touchscreen, 16M colors
  • Resolusi Layar : 5.0 inches, 1080 x 1920 pixels (~441 ppi pixel density)
  • Pelindung : Scratch-resistant glass, oleophobic coating
  • Fitur : Triluminos display, X-Reality Engine
  • Material : Metal
  • Warna : White, Graphite Black, Lime Gold, Rose Gold
Dapur Pacu
  • Memori Internal : 32 GB / 64 GB
  • Memori Ekternal : microSD, up to 200 GB
  • OS : Android OS, v6.0.1 (Marshmallow)
  • Chipset : Qualcomm MSM8956 Snapdragon 650
  • CPU : Dual-core 1.8 GHz Cortex-A72 & quad-core 1.4 GHz Cortex-A53
  • GPU : Adreno 510
  • Ram  :  2 GB
  • Sensor : Fingerprint, accelerometer, gyro, proximity, barometer, compass
Konektivitas
  • Sim Card : Dual SIM / Single Sim
  • Internet : HSPA 42.2/5.76 Mbps, LTE Cat6 300/50 Mbps
  • WLAN : Wi-Fi 802.11 a/b/g/n, Wi-Fi Direct, DLNA, hotspot, Bluetooth v4.1, microUSB v2.0, NFC
  • GPS : A-GPS, GLONASS
  • USB : microUSB v2.0, USB Host
Kamera Belakang
  • Resolusi : 23 MP, Aperture f/2.0, 24mm, phase detection autofocus, LED flash
  • Video : 1080p@30fps
Kamera Depan
  • Resolusi : 13 MP, Aperture f/2.0, 22mm, 1/3″ sensor size
  • Video : 1080p@30fps
Baterai
  • Kapasitas : Non-removable Li-Ion 2620 mAh
Note : Spesifikasi dan Harga Sony Xperia X diatas dapat berubah sewaktu-waktu

3. Review Sony Xperia X

Review Sony Xperia X

Review Sony Xperia X

Kecanggihan teknologi Sony Xperia X akan terfocuskan pada sektor kamera. Pasalnya smartphone ini menawarkan kamera superior dengan lensa berkekuatan 23 Megapixel. Kamera tersebut telah mengadopsi sensor bertipe Sony Exmor RS yang mendukung pegambilan gambar wide angle hingga lebar 24 mm, serta didukung kemampuan low light menakjubkan melalui aperture f/2.0 dan pengaturan ISO mencapai ISO 12.800. Lebih hebatnya lagi, kamera utama Sony Xperia X Dual ataupun Single telah dibekali fitur Predictive Hybrid AF yang mampu meningkatkan pengambilan titik focus, hanya dalam waktu 0.06 detik.

Fitur Predictive Hybrid AF tak lepas dari hadirnya teknologi phase detection autofocus yang mempersenjatai kamera belakang Xperia X. Sayangya kita tak akan menjumpai teknologi phase detection antuofocus (OSI), karena sudah digantikan dengan teknologi SteadyShot yang menstabilkan rekaman video yang sobat ambil melalui kamera depan maupun belakang. Kelemahan lainnya dari kamera Sony Xperia X, ialah tak tak bisa dipakai untuk merekam video beresolusi 4K, karena resolusi maksimal yang bisa sobat ambil hanya sebatas Full HD 1080p@30fps.

Walaupun masih ada keterbatasan saat dipakai merekam video, namun smartphone ini menawarkan kualitas foto selfie diatas rata-rata ponsel sekelasnya yang dibanderol sama mahalnya dengan harga Sony Xperia X. Dimana untuk urusan berfoto selfie, sudah terpasang sensor Sony Exmor RS berkekuatan 13 Megapixel dengazn dilengkapi lensa wide angle, aperture f/2.0, dan pengaturan ISO 6400 untuk mengoptimalkan kemampuan berfoto selfie pada kondisi rendah cayaha. Sayangnya smartphone ini tidak bisa kita bawa berfoto selfie didalam air, karena belum mendukung sertifikat IP68.

Advertisement

Kamera Sony Xperia X

Kamera Sony Xperia X

Kemampuan tahan air dan debu, selama ini menjadi andalan Sony untuk menarik minat konsumen dalam membeli smartphone flagship buatannya. Namun sayangnya teknologi tersebut hilang pada smartphone ini, mungkin hal ini didasari agar bisa menekan biaya produksi yang nantinya membuat harga Sony Xperia X menjadi lebih murah. Untungnya ponsel ini tetap dibekali teknologi fingerprint sensor, sehingga sobat ulashape bisa menyimpan banyak data dengan aman, tanpa perlu takut ada orang yang membukanya.

Selanjutnya beralih ke masalah desain. Sony Xperia X didesain premium dengan ragam pilihan warna yang terdiri dari, White, Graphite Black, Lime Gold, dan Rose Gold. Setiap warna tersebut akan membalut sempurna bodi berlapis metal agar tampak semakin mewah dan elegan. Selain itu, ponsel ini juga didesain sangat tipis, yakni memiliki ketebalan 7.9 mm, panjang 142.7 mm, dan tingginya mencapai 69.4 mm. Walaupun memakai material metal, namun bobot ponsel ini tetap terasa ringan. Pasalnya berat keseluruhan ponsel ini mencapai 153 gram.

Layarnya masih Full HD 1080 x 1920 pixel dengan kepadatan 441 ppi. Walaupun belum Quad HD, akan tetapi Sony mengoptimalkannya dengan memberikan teknologi Triluminos display yang dipadukan X-Reality Engine agar menghasilkan tampilan layar lebih tajam serta terlihat lebih realistis. Selain itu, Sony juga memberikan panel layar sentuh bertipe IPS Display yang dilindungi lapisan Scratch-resistant glass, dan oleophobic coating. Alhasil layar Sony Xperia X akan terlihat sempurna, dan dapat terlindung dari segala jenis goresan.

Konektivitas yang lengkap menjadi salah satu kelebihan Sony Xperia X. Bahkan smartphone ini bisa dipakai mengakses jaringan 4G LTE hingga kecepatan 300 mbps, karena mendukung teknologi LTE Category 6. Nah bagi sobat yang tempat tinggalnya belum tercover jaringan 4G LTE, sobat bisa mengandalkan koneksi internet pada jaringan 3G HSPA berkecepatan 42.2 mbps, ataupun memakai Wi-Fi. Dilansir dari gsmarena.com, smartphone juga sudah mendukung Wi-Fi berteknologi Dual Band dan membawa konektivitas lengkap, seperti NFC, Bluetooth v4.2, dan port microUSB 2.0.

Sony Xperia X

Sony Xperia X

Kelebihan Sony Xperia X

Kekurangan Sony Xperia X

  1. Memiliki bodi premium dengan bodi full metal
  2. Mengusung processor Octa Core dengan chipset Snapdragon 650
  3. Konektivitas sangat lengkap
  4. Dibekali kamera utama 23 Megapixel  dengan fitur sangat lengkap
  5. Kamera depannya mengusung lensa 13 Megapixel
  6. Mengadopsi OS Android Marshmallow
  7. Memiliki fitur fingerprint sensor
  1. Harga Sony Xperia X sudah pasti sangat mahal
  2. Baterainya tidak bisa kita lepas, dan belum mendukung fitur fast charging
  3. Layarnya belum beresolusi Quad HD
Baca Juga : Spesifikasi dan Harga Sony Xperia XA

Baterai tanam dengan kapasitas 2.620 mah akan menawarkan masa aktif cukup lama, dan bisa sobat andalkan untuk berkomunikasi atuapun mengakses internet selama seharian penuh. Sayangnya ponsel ini belum dibekali fitur fast charging, namun Sony menawarkan managemen daya lebih baik, yang diklaim bisa bertahan selama 2 hari. Kemudian untuk sensor yang dibawanya, sudah ada sensor Fingerprint, accelerometer, gyro, proximity, barometer, dan compass. Nah itulah spesifikasi Sony Xperia X yang siap memanjakan sobat ulashape.com dengan performa powerfull dan dukungan kamera super canggih beresolusi 23 MP dan 13 MP. Bagaimana, apakah sobat tertarik membelinya ?

Advertisement
Advertisement