Harga Sony Xperia XA dan Ulasan Spesifikasi

Advertisement

Harga Sony Xperia XA – Satu lagi smartphone berkualitas yang dirilis Sony untuk mengisi kelas menengah, yaitu “SONY XPERIA XA“. Smartphone ini diperkenalkan bersamaan dengan perilisan Xperia X dan Xperia X Performance pada ajang MWC 2016. Menariknya, harga smartphone ini akan dibanderol lebih murah karena spesifikasinya tergolong lebih rendah. Dimana sobat ulashape.com tidak akan mendapatkan fitur fingerprint dan kamera beresolusi 23 Megapixel yang menjadi andalan Xperia X. Walaupun begitu, smartphone ini tetap menawarkan dapur pacu powerfull dan desain premium.

Smartphone ini mengadopsi bodi premium yang memiliki bezel layar sangat tipis, bahkan hampir tak terlihat bezelnya. Desainnya layarnya hampir sama dengan Sony Xperia C5 Ultra, hanya saja ukuran layarnya lebih kecil yakni berukuran 5 inci. Selain itu, smartphone ini juga diperkuat oleh chipset Mediatek Helio P10 yang didalamnya membawa processor Octa Core dengan arisitektur 64-Bit, sehingga mampu memaksimalkan performa gaming dan multitaskingnya. Nah bagi sobat ulashape.com yang penasaran ingin mengetahui spesifikasi lengkap dan harga Sony Xperia XA, silahkan sobat simak ulasan berikut ini.

Spesifikasi dan Harga Sony Xperia XA

Spesifikasi dan Harga Sony Xperia XA

Spesifikasi dan Harga Sony Xperia XA

1. Harga Sony Xperia XA

Harga Sony Xperia XA Single
Harga Sony Xperia XA Dual
Baca Juga :  Daftar Harga HP Sony Android

Sony Xperia XA akan dipasarkan dalam versi single sim dan dual sim. Sayangnya belum ada informasi resmi mengenai harga Sony Xperia XA Dual ataupun Single di Indonesia. Namun kabarnya smartphone ini akan dipasarkan dengan harga sekitar 4 Jutaan, karena spesifikasinya jauh lebih rendah dibandingkan Sony Xperia X maupun Xperia X Performance. Semoga saja harga Sony Xperia XA memang berada pada rentang 4 Jutaan, sehingga masyarakat Indonesia tak perlu mengeluarkan banyak uang untuk merasakan kehebatan chipset Mediatek Helio P10 yang menjadi otak dapur pacu smartphone ini.

Advertisement

2. Spesifikasi Sony Xperia XA

Bodi
  • Dimensi : 143.6 x 66.8 x 7.9 mm
  • Berat : 137.4 gram
  • Tipe Layar : IPS LCD capacitive touchscreen, 16M colors
  • Resolusi Layar : 5.0 inches, 720 x 1280 pixels (~294 ppi pixel density)
  • Pelindung : Scratch-resistant glass,
Dapur Pacu
  • Memori Internal : 16 GB
  • Memori Ekternal : microSD, up to 200 GB
  • OS : Android OS, v6.0.1 (Marshmallow)
  • Processor  : Mediatek MT6755 Helio P10, Octa-core 2.0 GHz Cortex-A53
  • GPU : Mali-T860MP2
  • Ram  :  2 GB
Konektivitas
  • Sim Card : Dual SIM / Single Sim
  • Internet : HSPA 42.2/5.76 Mbps, LTE Cat4 150/50 Mbps
  • WLAN : Wi-Fi 802.11 a/b/g/n, Wi-Fi Direct, DLNA, hotspot, Bluetooth v4.1, microUSB v2.0, NFC
  • GPS : A-GPS, GLONASS
  • USB : microUSB v2.0, USB Host
Kamera Belakang
  • Resolusi : 13 MP, phase detection autofocus, LED flash
  • Video : 1080p@30fps
Kamera Depan
  • Resolusi : 8 MP, 1/4″ sensor size, autofocus, 1080p, HDR
  • Video : 1080p@30fps
Baterai
  • Kapasitas : Non-removable Li-Ion 2300 mAh
Note : Spesifikasi dan Harga Sony Xperia XA diatas dapat berubah sewaktu-waktu

3. Review Sony Xperia XA

Review Hp Sony Xperia XA

Review Hp Sony Xperia XA

Spesifikasi Sony Xperia XA yang kami lansir dari sonymobile.com sebenarnya sangat menarik untuk sebuah smartphone Android berbanderol 4 Jutaan. Pasalnya smartphone ini telah berjalan pada sistem operasi Android Marshmallow 6.0.1 yang dimaksimalkan oleh kinerja powerfull dari chipset Mediatek MT6755 Helio P10. Selain itu, didalamnya juga terpasang processor Octa Core 64-Bit yang dipacu pada kecepatan Octa-core 2.0 GHz Cortex-A53, sehigga performanya akan sangat powerfull dan mampu melibas setiap aplikasi maupun game yang sobat instal kedalam memori internal berkapasitas 16GB. Nah apabila memori internalnya tak cukup, sobat bisa menambahkan microSD hingga 200GB.

Selain komponen dapur pacu diatas, Hp Sony Xperia XA juga dibekali Ram berkapasitas 2GB dan mengusung chipset grafis Mali-T860MP2. Alhasil smartphone ini memiliki performa powefull, dan sanggup menjalankan semua aplikasi dengan lancar. Namun sayangnya sobat harus puas dengan baterai berdaya 2.300 mah apabila membeli smartphone ini. Lebih parahnya lagi, waktu bicara baterai Sony Xperia XA hanya mampu bertahan selama 10 jam (3G) dan sekitar 11 Jam 20 Menit saat sobat ulashape mengakses jaringan (2G). Selain itu, baterainya juga tidak bisa kita copot dan belum mendukung fitur fast charging.

Sektor baterai menjadi salah satu kekurangan yang cukup mengecewakan. Padahal harga Sony Xperia XA sejatinya dibanderol cukup mahal, karena kita harus mengeluarkan uang lebih dari 4 Juta Rupiah. Namun dibali kekurangan tersebut, Sony menawarkan desain premium yang dibalut warna White, Graphite Black, Lime Gold, dan Rose Gold. Setiap varian warna tersebut, akan membalut bodi Sony Xperia XA yang memiliki ukuran dimensi 143.6 x 66.8 x 7.9 mm. Sementara untuk bobot keseluruhan smartphone ini mencapai 137.4 gram, sehingga akan terasa ringan dan nyaman saat sobat operasikan.Desain Sony Xperia XA

Advertisement

Yang tak kalah menarik, smartphone ini memiliki layar 5 inci dengan lapisan kaca melengkung yang menghiasi sisi kanan dan kirinya. Sayangnya resolusi layar Sony Xperia XA masih HD 720 x 1280 pixels, sehingga kepadatan layarnya cuma 294 ppi. Walaupun belum Full HD 1080p, akan tetapi layar tersebut telah dibekali teknologi Sony mobilie Bravia Engine 2, sehingga tampilan gambarnya akan terlihat lebih realistis, dan tak kalah jernih dibandingkan layar Full HD milik Sony Xperia C5 Ultra ataupun tipe lainnya. Lebih hebatnya lagi, smartphone ini memiliki bezel layar sangat tipis, bahkan hampir tak terlihat sisi bezelnya.

Dengan layar yang membentang penuh, Sony Xperia XA sangat cocok bagi sobat ulashape yang membutuhkan smarpthone canggih yang nyaman dipakai untuk browsing dan nonton video streaming. Nah untuk memenuhi kebutuhan askes internet tersebut, sudah tersedia kemampuan mengakses jaringan 4G LTE dengan kecepatan 150 mbps, dan jaringan 3G HSPA+ berkecepatan 42.2 mbps. Selain itu, tersedia pula fitur Dual Sim untuk mempermudah sobat berkomunikasi secara offline, baik itu sms ataupun telepon. Lalu ada pula Wi-Fi, NFC, Bluetooth v4.1, dan port microUSB 2.0 yang mendukung fitur USB-OTG.

Walaupun harga Sony Xperia XA dibanderol melebihi 4 Juta Rupiah, namun sobat akan dimanjakan dengan kamera berkualitas tinggi yang mengadopsi sensor Sony Exmor RS berukuran 1/3″ dan memiliki lensa beresolusi 13 Megapixel. Kamera belakang smartphone ini mampu mengabadikan video dengan resolusi maksimal Full HD 1080p@30fps. Meskipun resolusi videonya tergolong standard, akan tetapi Sony mengoptimalkan kemampuan Autofocus Xperia XA dengan menambahkan teknologi Phase Detection Autofocus. Alhasil kecepatan autofocusnya semakin cepat, dan bisa membidik foto dengan hasil lebih tajam. Selain itu, tersedia pula LED Flash untuk mengoptimalkan sisi pencahayaan. Performa Sony Xperia XA

Kelebihan Sony Xperia XA

Kekurangan Sony Xperia XA

  1. Memiliki bodi premium dengan bezel layar sangat tipis
  2. Mengusung processor Helio P10 berkecepatan Octa Core
  3. Konektivitas sangat lengkap
  4. Dibekali kamera utama 13 Megapixel dengan fitur PDAF
  5. Kamera depannya mengusung lensa 8 Megapixel
  6. Mengadopsi OS Android Marshmallow
  1. Harga Sony Xperia XA melebihi 4 Juta Rupiah
  2. Kapasitas baterainya terlalu kecil dan belum dilengkapi fitur fast charging
  3. Masih mengandalkan resolusi layar HD 720p
Baca Juga : Spesifikasi dan Harga Sony Xperia X Performance

Beralih ke kamera bagian depan, sudah terpasang lensa 8 Megapixel yang mengadopsi sensor Sony Exmor R dengan ukuran sensor sebesar 1/4″. Asal sobat ketahui, semakin besar ukuran sensor kamera, maka semakin baik kemampuan kamera tersebut dalam memotret di kondisi low light. Nah kamera depan Sony Xperia XA termasuk salah satunya, terlebih kamera tersebut memiliki lensa beresolusi tinggi dan didukung fitur autofocus, sehingga semakin mengasyikan ketika sobat pakai berfoto selfie. Selain itu, kamera depan Xperia XA juga mendukung lensa Wide angle 88 derajat dan bisa mengambil foto selfie dalam mode HDR.

Advertisement
Advertisement