Harga Sony Xperia Z4 Terbaru Bertenaga Snapdragon 810

Advertisement

Harga Sony Xperia Z4 – Tak ingin kalah dari vendor besar yang lain, Sony ikut merilis smartphone premiunya yaitu Sony Xperia Z4. Ponsel ini menjadi suksesor Xperia Z3 yang dirilis pada bulan September 2014, dan secara mengejutkan tidak ada perubahan terlalu signifikan dari segi desain. Padadahal fans Sony Xperia diseluruh dunia, mengarapkan adanya inovasi terbaru seperti yang dilakukan Samsung dalam mendesain Samsung Galaxy S6 Edge, namun anda tak perlu kecewa karena Xperia Z4 dibuat lebih tipis dan dilengkapi spesifikasi hardware lebih tinggi.

Persaingan smartphone premium ditahun 2015 akan lebih sengit dibandingkan tahun 2014. Kehadiran Samsung Galaxy S6 Edge harus di antisipasi lawan-lawannya, apabila mereka tak ingin tertinggal dari Samsung dal mmenguasai kelas premium. Dengan mewakilkan Xperia Z4, tentu Sony berharap banyak smartphonenya mampu bersaing dengan smartphone premium yang lain, dan bagi yang penasaran bagaimana ulasan lengkap dan harga Sony Xperia Z4 secara resmi, silahkan simak ulasan ulashape.com berikut ini.

Spesifikasi Dan Harga Sony Xperia Z4

Harga Sony Xperia Z4

Harga Sony Xperia Z4

Harga Sony Xperia Z4

Harga Sony Xperia Z4 (32 GB)
Harga Sony Xperia Z4 (64 GB)
Harga Sony Xperia Z4 Terbaru Daftar Harga HP Sony

Sony memberikan 2 model Xperia Z4 yaitu versi 32 GB, dan 64 GB. Keduanya tentu akan dibanderol berbeda-beda, namun saat ini kali belum bisa mengabarkan berapa harga Sony Xperia Z4 secara pasti, karena Sony baru akan menjualnya pada semester kedua tahun ini. Perkiraan kami, harga Sony Xperia Z4 akan mencapai 8 Juta Rupiah seperti pendahulunya yaitu Xperia Z3 yang dijual perdana sekitar 8.3 Juta Rupiah.

Advertisement

Spesifikasi Sony Xperia Z4

Kartu Sim Single Sim (Nano-SIM)
Dimensi Dan Berat 146 x 72 x 6.9 mm / 144 g
Tipe Layar IPS capacitive touchscreen, 16 Juta Warna
Ukuran Layar 5.2 inches, 1080 x 1920 pixels (~424 ppi pixel density)
Memory Internal 32 GB / 64 GB
Memory Ekseternal MicroSD Maksimum 128 GB
Kapasitas Ram 3 GB
Sistem Operasi Android OS, v5.0 (Lollipop)
Chipset Qualcomm MSM8994 Snapdragon 810
Processor Quad-core 1.5 GHz Cortex-A53 & Quad-core 2 GHz Cortex-A57
Pengolahan Grafis Adreno 430
Konektivitas HSPA 42.2/5.76 Mbps, LTE Cat6 300 /50 Mbps, Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, Wi-Fi Direct, DLNA, hotspot, Bluetooth v4.1, A2DP, LE, MicroUSB 2.0, NFC
GPS A-GPS, GLONASS/ Beidou
Kamera Belakang 20.7 MP, 5248 х 3936 pixels, autofocus, LED flash, Video 2160p@30fps, 1080p@60fps, 720p@120fps, HDR
Kamera Depan 5.1 MP, 1080p@30fps, HDR
Kapasitas Baterai Non-removable Li-Ion 2930 mAh

Review Sony Xperia Z4

Sony Xperia Z4 Cooper

Xperia Z4 Cooper

Harga Sony Xperia Z4 yang mahal menjadi ciri khas smartphone premium buatan Sony. Walaupun harganya mahal namun akan diimbangi dengan kualitas produk terbaik. Perusahaan teknologi asal Jepang tersebut memang tak perlu diragukan lagi kualitasnya, terlebih mereka memiliki pengalaman puluhan taun terkait teknologi perangkat seluler. Sebagai buktinya, Sony mampu memberikan teknologi canggih pada Xperia Z4, dan membuatnya tak kalah dari smartphone premium yang lain.

Sony Xperia Z4 akan bersaing dengan Samsung Galaxy S6 Edge, ataupun HTC One E9 Plus yang membawa inovasi terbaru dengan mengadopsi layar Quad HD. Sayangnya Sony tak melakukan inovasi yang sama seperti pesainnya, dan mereka masih memiliki mengadopsi layar IPS berukuran 5.2 inch dengan resolusi Full HD 1080 x 1920 pixels yang meraih kerapatan pixel sebesar -424 ppi. Layarnya sama persis seperti yang dimiliki Xperia Z3, jadi jangan heran apabila Xperia Z4 disebut sebagai saudara kembar Xperia Z3.

Layar tersebut sudah didukung teknologi Triluminos display, dan X-Reality Engine yang menghasilkan gambar lebih tajam, dan perpaduan warna yang natural. Sementara untuk bagian terluarnya sudah dilapisi teknologi Shatter proof glass untuk menjaga layar tetap dari goresan, dan membuatnya lebih responsif dengan 10 titik sentuhan. Bagian belakangnya juga dilapisi kaca premium yang terlihat semakin elegan dengan 4 pilihan warna yaitu White, black, copper, dan aqua green.

Advertisement

Desain Sony Xperia Z4 juga tak mengalami merubahan terlalu radikal, hanya saja ponsel ini dibuat lebih tipis dengan ketebalan 6.9 mm, yang otomatis membuat beratnya menjadi lebih ringan sekitar 133 gram. Untuk menunjang kekuatan body, dan meningkatkan keindahan desain Xperia Z4, smartphone ini dilengkapi frame berbahan metal yang kokoh pada balutan body dengan rasio panjang 146 mm, lebar 72 mm, dan tinggi 6.9 mm.

Xperia Z4 Black

Xperia Z4 Black

Sama seperti smartphone seri Z yang lain, perangkat ini juga dibekali serifikasi IP68 sebagai jaminan kekuatan akan debu dan tahan terhadap air. Sony Xperia Z4 bisa dibawa menyelam pada kedalaman maksimum 4.92 meter selama 30 menit. Namun Xperia Z4 hanya bisa digunakan pada air tawar, karena saat dibawa menyelam di air luat dengan kadar garam yang tinggi, akan menyebakan korosi pada hardware, dan menyebabkan garansi resmi Sony menjadi hilang.

Kemudian dari segi hardware, sudah sediakan proessor Octa Core 64 Bit dengan kecepatan Quad-core Cortex-A53 & Quad-core Cortex-A57 yang dipadukan dengan Chipset Qualcomm MSM8994 Snapdragon 810. Processor tersebut mengalami peningkatkan peforma cukup signifikan dibandingkan Xperia Z3 yang mengadopsi Chipset Qualcomm Snapdragon 801 dengan kecepatan Quad Core 2.5 Ghz, sayangnya tidak ada perubahan kapasitas Ram sehingga masih mengandalkan Ram berukuran 3GB.

Kinerja grafis Xperia Z4 juga semakin baik dengan hadirnya GPU Adreno 430 untuk memenuhi grafis game-game 3D terbaru, dan video beresolusi 4K UltraHD. Peforma yang ditawarkan komponen hardware tersebut memang cukup memuaskan, dan menjanjikan kecepatan mulitasking yang cepat tanpa adanya lag saat bermain game. Sayangnya harga Sony Xperia Z4 dibanderol cukup mahal, sehingga tak semua orang bisa merasakan kehebatan Xperia Z4.

Untuk segi software, sudah disediakan sistem operasi Android Lollipop yang ditingkatkan peformanya oleh Sony dengan penambahan beberapa fitur, dan perubahan tampilan user interface. Selain itu Sony juga meyediakan fitur PS4 Remote Play untuk menghubungkan konsol game Play Station 4 ke Sony Xperia Z4, sehingga kita bisa memainkan game PS4 lewat koneksi wifi ke layar Xperia X4 yang kita miliki. Fitur ini tentu mampu menarik minat maniak game, yang terkadang ingin memainkan game terbaik pada smartphone milikinya.

Harga Sony Xperia Z4 yang dibanderol mahal, bukanlah menjadi alsan bagi anda yang fanatik terhadap produk buatan Sony. Apalagi smartphone ini menawarkan koneksi internet canggih berteknologi 4G LTE Cat6 berkecepatan 300 mbps, selain itu tersedia pula jaringan HSDPA+ dengan kecepatan 42.2 mbps, dan masih mendukung jaringan GRPS ataupun EDGE sebagai alternatif belum meratanya jaringan LTE. Sementara untuk konektivitas nirkabel, sudah disediakan Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac berteknologi Dual Band, yang mendukung Wi-Fi Direct, DLNA, hotspot.

Xperia Z4 White

Xperia Z4 White

Untuk outputnya dan konktivitas berbagai data, sudah tersedia Bluetooth V4.1, NFC, dan Port MicroUSB yang mendukung MHL 3 TV-out, dan USB Host. Konektivitas yang lengkap, tentu mempermudah pengguna Xperia Z4 dalam memenuhi kebutuhan mobile sehari-hari, namun sayangnya Xperia Z4 yang didukung satu buah slot sim card. Kemungkinan nantinya Sony juga merilis Sony Xperia Z4 Dual Sim seperti yang mereka lakukan pada Xperia Z3.

Kemudian untuk sektor kamera, tidak ada perubahan signifikan dari kamera utama Sony Xperia Z4. Smartphone ini masih mengandalkan kamera belakang berkekuatan 20.7 Megapixel yang dilengkapi sensor gambar Sony Exmor RS, dan teknologi lensa G-Lens. Kamera tersebut juga memiliki kemampuan memotret low light sangat baik, dengan sensor gambar berukuran 1/2.3” yang dimaksimalkan fitur Autofocus, dan LED Flash. Sayangnya ponsel ini belum membawa teknologi OIS, dan digantikan teknologi Image Stabilization buatan Sony untuk mengatisipasi goyang saat memotret dan merekam video.

Kemampuan merekam video Xperia Z4 sangat maksimal, dengan opsi perekaman beresolusi UltraHD 2160p@30fps, Full HD 1080p@60fps, dan Video Slot Motion beresolusi 720p@120fps dengan model HDR dan kualitas suara stereo. Kemudian untuk kamera bagian depan, sudah disediakan lensa Sony Exmor R berkekuatan 5.1 megapixel untuk memenuhi kebutuhan foto selfie dan video call.  Selain itu, Sony juga menambahkan fitur tambahkan yaitu “cooking mode ” untuk menghasilkan gambar lebih baik saat memotret makanan.

Semua kebutuhan energi dari komponen hardware, layar, dan kamera, akan di penuhi oleh bateari Li-Ion berukuran 2980 mah. Baterai tersebut tidak bisa kita copot, karean Sony Xperia Z4 mengadopsi desain unibody. Untuk memaksimalkan kinerja baterai tersebut, Sony memberikan fitur Quick Charge 2.0 yang dapat mempercepat pengisian daya baterai dalam waktu 30 menit untuk mencapai kapasitas 60% dari total baterai yang tersedia. Fitur-fitur diatas menjadikan ponsel ini sebagaia salah satu smartphone terbaik didunia, jadi tak salah apabila harga Sony Xperia Z4 dibanderol sangat mahal.

Kesimpulan

Sony Xperia Z4 Aqua Green

Xperia Z4 Aqua Green

Kelebihan Sony Xperia Z4

Kekurangan Sony Xperia Z4

  1. Peforma sangat cepat dari processor Octa Core Snapdragon 810 + Ram 3GB
  2. Tahan air dan debut dengan serifikat IP68
  3. Desain lebih tipis dan ringan
  4. Mendukung LTE Cat6 berkeceptan 300 mbps
  5. Dilengkapi pengisian baterai cepat (Quick Charger 2.0)
  1. Layar masih beresolusi Full HD 1080p
  2. Kameranya belum dilengkapi teknologi OIS
  3. Baterai tidak bisa dicopot
  4. Harga Sony Xperia Z4 pasti sangat mahal

Sama seperti pendahulunya, harga Sony Xperia Z4 pasti akan dibanderol sangat mahal sesuai dengan spesifikasi yang dibawanya. Sayangnya walaupun ada peningkatan dari spesifikasi hardware, namun Sony belum memberikan inovasi radikan terhadap desain Xperia Z4. Selain itu, kameranya juga belum banyak berubah dan masih mengandalkan kamera 20.7 Megapixel tanpa adanya teknologi OIS. Untungnya untuk kamera depan ditingkatkan menjadi 5.1 megapixel, untuk memenuhi kebutuhan selfie penggunanya.

Tertarik membelinya smartphone premium Sony tersebut ?, atau mungkin lebih tertarik membeli Sony Xperia M4 Aqua yang dibandero lebih murah dari harga Sony Xperia Z4, dan sudah dilengkapi kemampuan tahan air dan debu lewat seriftikat IP68 yang dibawanya. Silahkan anda tentukan pilihan terbaik bagi anda, sesuai dengan kekuatan budget yang anda miliki, dan kebutuhan spesifikasi yang anda inginkan.

Advertisement
Advertisement