Harga Xiaomi Mi 4i Dibanderol 2 Jutaan Berspesifikasi Lollipop

Advertisement

Harga Xiaomi Mi 4i – Smartphone Android Xiaomi menjadi primadona baru di Indonesia. Setelah sukses merilis Redmi 1S, Redmi Note, dan Xiaomi Redmi 2a, Xiaomi siap merilis smartphone terbarunya di Indonesia yaitu Xiaomi Mi 4i. Smartphone ini menjadi smartphone murah terbaik buatan vendor asal Tiongkok tersebut. Walaupun harganya lebih mahal dibandingkan smartphone Xiaomi Redmi series, namun akan diimbangi oleh spesifikasi hardware dan software lebih tinggi.

Smartphone ini mengandopsi processor Octa Core 64 Bit  dari Chipset Qualcomm Snapdragon 615 yang membuatnya memiliki peforma mengagumkan dalam hal mulitasking dan mobile gaming. Selain itu Mi 4i juga membawa teknologi kamera canggih, dan layar Full HD berteknologi sunlight display. Semua komponen berstandard premium tersebut tak harus dibayar mahal, karena harga Xiaomi Mi 4i dibanderol 2 Jutan, dan untuk melihat spesifikasi lengkapnya, silahkan simak ulasan dibawah ini.

Spesifikasi Dan Harga Xiaomi Mi 4i

Harga Xiaomi Mi 4i

Harga Xiaomi Mi 4i

Harga Xiaomi Mi 4i

Harga Xiaomi Mi 4i Baru Rp. 2.600.000
Harga Xiaomi Mi 4i Bekas
Harga Xiaomi Mi 4i Terbaru Daftar Harga Xiaomi

Xiaomi Mi 4i secara eksklusif pertama kali dirilis di India, dengan harga sebesar INR 12.999 (Rp 2,6 jutaan). Sementara untuk harga Xiaomi Mi 4i di Indonesia, kemungkinan tidak akan jauh berbeda dengan harga di India. Namun untuk bisa menjajal kemampuan spesifikasi hardaware dan software yang dimiliki Mi 4i, anda harus bersabar karena smartphone ini baru akan dipasarkan di Indonesia pada bulan Mei 2015, dan masih ada kemungkinanh Harga Xiaomi Mi 4i bisa berubah menjadi lebih mahal ataupun menjadi lebih murah. Kita tunggu saja.

Advertisement

Spesifikasi Xiaomi Mi 4i

Kartu Sim Dual SIM (Micro-SIM, dual stand-by)
Dimensi Dan Berat 138.1 x 69.6 x 7.8 mm / 130 g
Tipe Layar IPS LCD capacitive touchscreen, 16M colors
Ukuran Layar 5.0 inches, 1080 x 1920 pixels (~441 ppi pixel density)
Memory Internal 16 GB
Memory Ekseternal
Kapasitas Ram 3 GB
Sistem Operasi Android OS, v5.0.2 (Lollipop)
Chipset Qualcomm MSM8939 Snapdragon 615
Processor Quad-core 1.7 GHz Cortex-A53 & quad-core 1.1 GHz Cortex-A53
Pengolahan Grafis Adreno 405
Konektivitas HSPA, LTE, Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, WiFi Direct, hotspot, Blueooth v4.1, microUSB v2.0, USB Host
GPS A-GPS, GLONASS
Kamera Belakang 13 MP, 4128 x 3096 pixels, autofocus, dual-LED (dual tone) flash, Video 1080p@30fps
Kamera Depan 5 MP
Kapasitas Baterai Li-Ion 3120 mAh

Review Xiaomi Mi 4i

Harga Xiaomi Mi 4i

Review Xiaomi Mi 4i

Xiaomi Mi 4i mengusung desain unibody cukup tipis berketebalan 7.8 mm. Rasio layarnya juga cukup besar dengan perbandingkan ~71.7% dari body berdimensi 138.1 x 69.6 x 7.8 mm sehingga terlihat lebih elegan dengan bezel layar sangat tipis. Harga Xiaomi Mi 4i dibanderol lebih murah dari Xiaomi Mi4, sehingga membuat smartphone ini belum mengadopsi frame metal layaknya Xiaomi Mi4, dan membuat Mi 4i hanya memakai body berbahan polycarbonat atau plastik premium.

Sementara untuk layarnya mengadopsi teknologi layar JDI buatan Sharp dengan bentang 5 inch beresolusi Full HD 1080 x 1920 pixels. Kualitas layarnya setara seperti Xiaomi Mi4 kerapatan pixel -441, dan sudah dilapisi teknologi Fully Illuminated OGS (One Glass Solution) yang menggabungkan lapisan layar sentuh dengan panel layarnya. Selain itu layarnya juga dilapisi teknologi Sunlight Display untuk menjaga agar layar tetap terang saat dilihat dibawah sinar matahari.

Dapur pacu Xiaomi Mi4i menggunakan prosesor generasi kedua Qualcomm Snapdragon 615 yang memiliki performa processor berteknologi 64 Bit. Processor tersebut dibuat menggunakan fabrikasi 28 nm, dan memiliki 2 inti processor Quad Core dengan Clock Speed Quad Core 1.7 Ghz, dan processor hemat daya Quad Core 1.1 Ghz. Untuk meningkatkan peforma mulitasking Mi 4i, sudah disediakan Ram 3GB bertipe LPDDR3, yang dipasangkan bersama GPU Adreno 405.

Advertisement

Performa mobile gaming dari GPU Adreno 405 didukung oleh teknologi OpenGL ES 3.0 yang merupakan standard baru di dunia mobile gaming. Kemudian untuk sistem operasinya, mengandalkan Android Lollipop yang memiliki tampilan antar muka MIUI V6. Bisa dikatakan Mi 4i, merupakan smartphone Xiaomi pertama yang menggunakan Android Lollipop, karena untuk tipe lain seperti Mi Note, dan Mi4 masih menggunakan Android Kitkat sebagai sistem operasinya.

Tampilan menarik dari user interface MIUI sudah menyihir 100 Juta pengguna diseluruh dunia, karena Xiaomi juga mengembangkan sistem operasinya agar bisa dipakai oleh smartphone selain buatan Xiaomi. Kemudahan pengoperasian, dan tampilan yang bisa di modifikasi menjadi kelebihan dasar MIUI dibandingkan sistem operasi Android oprekan vendor lain, selain itu MIUI juga menawarkan banyak fitur seperti Mi Cloud dengan kapasitas penyimpanan 10 GB secara gratis.

Xiaomi Mi 4i

Desain Xiaomi Mi4i

Sayangnya Xiaomi Mi 4i hanya dibekali memory internal 16 GB, tanpa memiliki slot memory eksternal. Jadi anda harus cerdas dalam menginstal aplikasi, atau game, agar tidak memberatkan kinerja Mi 4i karena kehabiasan memory internal. Untuk mengatasi kelemahan tersebut, pengguna Mi 4i bisa memanfaatkan layanan Mi Cloud sebagai penyimpanan online, atau menggunakan USB OTG untuk menyimpan dan membaca file dari dalam flasdisk atau hardisk ekternal.

Kemudian untuk sektor kamera, sudah disediakan kamera pintar berlensa 13 Megapixel dengan bukaan lensa  f/2.0, dan Dual Tone LED Flash untuk menghasilkan pencahayaan alami saat memotret di tempat bercaya rendah. Teknologi kameranya mampu memotret sebuat foto beresolusi 4128 x 3096 pixels, dan video Full HD 1080p, sehingga setiap momen berharga bisa diabadikan menggunakan kamera berkualitas milik Xiaomi Mi 4i.

Sementara untuk kamera depannya mengadopsi lensa 5 Megapixel yang memiliki banyak fitur untuk berfoto selfie. Salah satu fitur kamera menarik bawaaan software kamera Xiaomi Mi 4i adalah fitur Beautify yang dilengkapi algoritma khusus untuk memprediksi umur pengguna Mi 4i. Selain itu tersedia pula fitur pendukung seperti Mode HDR, Panorama, touch focus, dan face/smile detection. Semuanya diberikan untuk memenuhi kebutuhan foto selfie pengguna Mi 4i, bagaimana tertarik mencobanya ?

Walaupun memiliki desain tipis, Xiaomi Mi 4i tetap didukung baterai berukuran besar sebagai sumber daya energinya. Xiaomi memberikan baterai Li-Ion berukuran 3120 mAh untuk mengalirkan daya keperangkat hardware dan software pada Mi 4i. Batera tersebut diklaim memiliki waktu bicara selama 35 jam, sehingga kebutuhan komunikasi akan tercukupi tanpa perlu takut kehabisan baterai disaat-saat penting. Selain itu Mi 4i juga dibekali teknologi Quick Charge untuk mempercepat waktu pengisian baterai.

Konektivitas Xiaomi Mi 4i tergolong canggih, karena didukung jaringan LTE berkecepatan 150 mbps, dan memiliki fitur Dual Sim. Sayangnya tak disediakan NFC, dan untuk mengirim file mengandalkan Bluetooth V4.1, dan fitur Wifi Direct. Selain itu Xiaomi juga membenamkan teknologi Wi-Fi 802.11ac dengan kecepatan 3 kali lipat dibandingkan Wi-Fi pada umumnya. Tersedia pula GPS berteknologi A-GPS, Beidou dan GLONASS sebagai fitur navigasi pengguna Mi 4i.

Kesimpulan

Xiaomi Mi4i

Xiaomi Mi4i

Kelebihan Xiaomi Mi 4i

Kekurangan Xiaomi Mi 4i

  1. Desainnya lumayan tipis dengan ketebalan 7.8 mm
  2. Memiliki processor Octa Core berteknologi 64 Bit
  3. Sudah Android Lollipop dengan Miui V6
  4. Dibekali teknologi LTE
  5. Baterai berkapasitas jumbo 3120 mah
  6. Kameranya tajam dengan lensa 13 Megapixel dan 5 Megapixel
  7. Harga Xiaomi Mi 4i cukup terjangkau
  1. Masih menggunakan body plastik
  2. Tidak ada NFC
  3. Belum mendukung memory ekternal
  4. Baterai tidak bisa dicopot

Harga Xiaomi Mi 4i tergolong cukup murah, apabila melihat kelebihan Mi 4i pada tabel diatas. Walaupun memiliki beberapa kekurangan, namun spesifikasi hardwarenya akan menutupi kekurangan tersebut. Kita hanya perlu menunggu smartphone ini datang di Indonesia, dan semoga saja nantinya Harga Xiaomi Mi 4i bisa dibandrol lebih murah agar semua lapisan masyarkat Indonesia, bisa mencicipi kehebatan smartphone berkualitas asal Tiongkok tersebut.

Advertisement
Advertisement